Cara Membuat Disinfektan Sendiri

Flowindonesia.com – Flow – natural drinking water. Cara Membuat Disinfektan Sendiri. Tetap jaga sehat, cuci tangan sesering mungkin, terlebih setelah melakukan kontak fisik dengan orang lain. Mengutip dari berbagai sumber terpercaya dan dari pengalaman penggunaan sendiri. Sudah lazim dan seperti kebutuhan keseharian dalam penggunaan disinfektan, terlebih pada saat pandemi Covid 19 belum berakhir. Sebenarnya penggunaan disinfektan hampir setiap hari kita menggunakan, seperti dalam mengepel lantai, memebersihkan kamar mandi, mencuci pakaian, perlengkapan memasak, dan lainy

Cara Membuat Disinfektan Sendiri

Flow – natural drinking water

Khusus pada saat ini hampir semua orang diseluruh dunia menjadi sangat akrab dengan istilah disinfektan, pembersihan menggunakan zat tertentu yang lebih spesisfik untuk mendisinfeksi atau melawan infeksi atau memebersihkan paparan dari suatu kuman atau virus yang berbentuk mikro dan tidak kasat mata.

Berikut ini hal-hal yang harus kita perhatikan, Setidaknya, dalam Cara Membuat Disinfektan Sendiri ada lima hal utama yang harus diperhatikan agar tetap aman untuk digunakan:

1. Selalu cek kandungan cairan pemutih Pada cairan pemutih atau sodium hipoklorit pada umumnya memiliki kandungan konsentrasi antara 2,5-5 persen.

2. Jangan gunakan air panas Saat melakukan pencampuran antara air dengan cairan pemutih pakaian tadi, jangan mencoba-coba dengan air panas. Jika dicampur dengan air panas, akan mengurangi khasiat dari sodium hipoklorit tersebut.

3. Buat sesuai takaran Takaran yang dianjurkan yakni 0.05 persen. Pengenceran terhadap sodium hipoklorit 5 persen dilakukan dengan perbandingan 1:100. Contohnya, 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air. Untuk mencapai konsentrasi sodium hipoklorit, perbandingan bahan pemutih dan air harus sesuai.

4. Waktu kontak harus diperhatikan Dianjurkan waktu kontak tidak lebih dari 10 menit ketika menggunakan cairan disinfektan untuk menggosok permukaan tak berpori. Selain itu, proses disinfeksi dengan merendam peralatan dianjurkan waktu kontak tak lebih dari 30 menit.

5. Bersihkan dari bahan-bahan organik Sebelum menggunakan disinfektan, permukaan yang akan dibersihkan juga harus dibersihkan dari pengotor bahan-bahan organik seperti lendir, muntah, feses, darah atau cairan tubuh lain.

Konsultasi instalasi filter air bersih rumah, ruko, rukan, dll. Flow Indonesia

Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI Chandra Risdian mengungkapkan, cairan disinfektan dapat disemprotkan pada permukaan yang sering disentuh. Terutama, apabila terdapat anggota keluarga yang pada saat itu sedang sakit. Permukaan benda misalnya telepon, sakelar lampu, meja, gagang pintu, keran, wastafel, kamar mandi, dan toilet.

Namun, ia menyarankan agar tidak menyemprotkan secara langsung ke permukaan yang sangat terkontaminasi karena akan membuat virus menyebar ke udara. Caranya, mendisinfeksi permukaan tersebut menggunakan kain yang telah dibasahi terlebih dahulu dengan larutan disinfektan. Apabila semua orang di dalam rumah sehat-sehat saja, sabun atau deterjen saja sebenarnya sudah cukup untuk mendisinfektan.

Selama masa Pandemi Covid 19, Flow – natural drinking water sangat menjaga kebersihan dan hygienitas kemasan air minum, baik dari perlengkapan produksi, tempat produksi dan pelayanan pelanggan. Diantaranya dengan mewajibkan semua gallon air minum yang masuk ke tempat produksi wajib disterilisasi dengan disinfektan, dicuci dengan pembersih food grade, semua aktivitas kerja wajib menjalankan prokes secara disiplin.

Cara Membuat Disinfektan Sendiri, Kami membuat disinfektan dari pemutih/bayclean dan cairan wipol pembersih lantai. Alat penyemprot sederhana yang biasa untuk menyemprot tanaman. “Jangan lupa gunakan hand sanitizer setiap sehabis kontak dengan benda maupun orang..”

Salam Sehat, semoga INDONESIA dan DUNIA segera terlepas dari pandemi dan kembali hidup normal dan lebih SEHAT.

Jangan LUPA, berbanyak minum air sehat, air putih yang cukup, cukupi vitamin C dan E dari bahan alami.

Berikut Tabel Cara Membuat Disinfektan Sendiri, Bahan Membuat Disinfektant dari Produk Perawatan Rumah Tangga, sumber dari LIPI yang kami kutip dari Kompas.com

Flow Indonesia  – Flow – natural drinking water

Flow Ultra air minum Mineral

Flow RO air minum Reverse Osmosis

“Jaga Bersih Jadi Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *