Hutan Kota Srengseng dan Kita Peduli

Flow – natural drinking waterFlowindonesia.com. Hutan Kota Srengseng dan Kita Peduli. Hutan Kota, mungkin kita sering mendengar kalimat itu, tapi apakah kita sudah tahu dan dan ikut menikmati juga menjaganya ?. Pertanyaan itu wajar saja, karena tidak semua dari kita benar-benar mengerti fungsi dan manfaatnya. Mungkin terlintas dibenak kita bahwa Hutan Kota itu sebagai penyejuk kota atau pakai istilah akademis anggap sebagai paru-paru kota. Flow – natural drinking water – Flowindonesia.com berkeyakinan adanya hutan kota bisa sebagai penyaring air hujan dan sebagai penampungan air tanah yang membuat air menjadi bersih kembali.

Alam dan Kita

Kita mulai dari diri sendiri, pertama, tanyakan apakah kita penting menjaga kelestarian lingkungan dan hutan ?, kedua, bukti kepedulian kita apa ?, ketiga, dengan cara apa kita menjaga kelestarian lingkungan dan hutan ?. Apabila itu semua bisa kita bisa jawab, itu sudah cukup menjadi modal awal dalam mewujudkan kelestarian lingkungan dan hutan. Ayoo…kita mulai sekarang.

Apakah diantara Anda sering mengunjungi hutan kota ditempat Anda tinggal ?, apakah ada hutan kota ditempat tinggal anda ?, apakah Anda sudah ikut peduli atas keberadaanya ?. Dengan kesibukan keseharian di jaman yang sudah serba sibuk sat ini, waktu dan kesempatan untuk berwisata atau sekedar santai menikmati waktu senggang sudah sangat sulit, ada baiknya kita kunjungi hutan kota atau setidaknya taman kota ditempat kita tinggal.

Flow – natural drinking water – Flowindonesia.com, pada Minggu, 28 Mei 2023 berkesempatan mengunjungi Hutan Kota Srengseng bersama dengan rekan-rekan alumni SMPN 2 Mandiraja, Banjarnegara yang sebagian bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Lokasi Hutan Kota Srengseng mudah dijangkau dari dalam kota juga dari kota sekitarnya. Berlokasi di Jalan H. Kelik, Srengseng, Kebon Jeruk – Jakarta Barat.

Kesan pertama saat tiba dilokasi adalah kaget dan tidak menyangka ternyata ada hutan diantara tempat tinggal penduduk dan berada didalam Kota Jakarta. Saat memasuki gerbang kawasan Hutan Kota Srengseng, ada tugu dinding prasasti nama HKS (Hutan Kota Srengseng), saat memasuki area dalam kawasan HKS akan disambut oleh petugas keamanan, dan memasuki area parkir  ada pos penjagaan untuk membayar retribusi masuk kawasan, harga tiket masuk sudah termasuk kendaraan dan orang, harganya cukup murah, area parkir tersedia cukup luas.

Cengkeram Kuat

Didalam area Hutan Kota Srengseng terdapat bermacam jenis pepohonan besar dan tinggi, tanaman bunga, jalan perlintasan pengnjung tertata rapi dan cukup bersih, ada banyak tempat untuk berkumpul di area dalam hutan, bagi pengunjung rombongan sangat dimanjakan adanya zona berkumpul untuk kegiatan, perlintasan juga layak untuk berolah raga jalan dan lari santai, terasa sangat alami serasa di hutan aslinya, udara segar dapat kita nikmati ditengah kota yang ramai dan cuaca yang cukup panas, terdapat juga danau yang cukup luas dikelilingi akar-akar pohon besar.

Dengan kita mengunjungi hutan kota seperti Hutan Kota Srengseng itu, naluri kita sebagai bagian dari alam indah yang diciptakan Tuhan untuk dinikmati, bukan untuk semena-mena memanfaatkan secara tidak bertanggung jawab, pasti kita terketuk untuk ikut peduli dan menjaga keberadaanya dan tidak merusak mengotori dengan perbuatan seenaknya sendiri, terlebih hutan raya di bumi kita ini, apa jadinya kalau hutan kita itu meranggas dan gundul ?, keseimbangan alam pasti terganggu bahkan bisa rusak dan menjadi bencana buat manusia pada umumnya.

Satukan Niat Jabat Erat

Hutan Kota Srengseng dan Kita Peduli, ayo jaga hutan dan taman disekitar kita, bersama Flow – natural drinking water – Flowindonesia.com kita rawat satu pohon dan tanam pohon pohon baru saat lainya hilang, hiasi lingkungan kita dengan tanaman agar sejuk, adanya hutan atau tanaman air akan tersedia, pepohonan itu sebagai penahan air hujan, penyimpan air tanah dan penyaring alami yang sangat efektif. “Sayangi mereka sebagai sahabat, ada harmoni dan kenyamanan jika kita peduli dan jaga mereka sebagaimana kita saling menyayangi dan menjaga diantara sahabat kita satu sama lainya”

Flow – natural drinking waterFlowindonesia.com

One thought on “Hutan Kota Srengseng dan Kita Peduli

  1. Mantap… Indah sejuk, ramah lingkungan… Cocok untuk Bercanda Ria dengan keluarga , kumpul bareng graup dan paguyuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *