Sumber Air Minum Gunung Pancar

Flowindonesia.com – Flow – natural drinking water

Flowindonesia.com – Air Minum. Salah satu sumber air minum alami yang ada di kawasan Bogor adalah Gunung Pancar. Dari kaki Gunung Pancar banyak mengalir sumber mata air alami. Dari mata ir ini banyak digunakan sebagai air baku air minum yang diproduksi oleh pabrik air minum dan depo air minum atau isi ulang.

Adalah Leuwi Hejo dan Curug Barong, tempat ini mulai dikenal di Bogor dalam kurun satu tahun belakangan. Banyak pengunjung menjulukinya sebagai Green Canyon dari Bogor/Sentul, karena ada beberapa bentukan dinding dari batuan di kedua sisi sungainya dan warna airnya yang bening hijau kebiruan. Sungai ini mengalir deras dari mata air yang berasal dari Gunung Pancar, Babakan Madang, Sentul.

Leuwi Hejo lebih dikenal sebagai kawasan wisata air, aliran air sungai yang berasal dari gunung Pancar ini sangat deras tetapi tidak cukup untuk dijadikan trip arung jeram, disamping sempit juga banyak bebatuan yang curam dan terjal.

Gunung pancar lokasinya terletak di ketinggian antara 300 hingga 800 meter di atas permukaan air laut, dengan tingkat kemiringan lokasi wisata mencapai 15 hingga 40 derajat, dengan koleksi vegetasi terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman serta semak belukar, dengan kondisi ini menjadikan Gunung pancar sebagai kantong air minum alami.

Dengan aneka vegetasi tumbuhan yang beragam dan asri serta ketinggian lokasi taman wisata alam gunung pancar tersebut, maka menjadikannya sebagai salah satu kawasan wisata di Bogor yang memiliki suhu udara sangat sejuk di siang hari, serta sangat dingin di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *